Dinamika Menuju SMK 4.0: Strategi SMK Berkolaborasi di Era Disprusi

Khurniawan, Arie Wibowo (2019) Dinamika Menuju SMK 4.0: Strategi SMK Berkolaborasi di Era Disprusi. PT. Rezpy Geizla Indonesi, Jakarta. ISBN 978-623-91168-0-4

[img]
Preview
Text
Dinamika Menuju SMK 4.0+Cover.pdf

Download (14MB) | Preview
Official URL: https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?se...

Abstract

Revolusi industri 4.0 tidak dapat dielakkan lagi. Ia telah mengubah segala aspek kehidupan. Dunia industri dan tenaga kerja menjadi sektor yang terpengaruholeh revolusi industri 4.0. Lantas, sejauh mana kesiapan kita dalam menghadapi perubahan ini? Sejauh mana kesiapan sektor pendidikan kita dalam menyiapkan SDM untuk menghadapi tantangan disrupsi pada era industri 4.0? Buku yang memuat dinamika SMK dalam menghadapi revolusi industri 4.0 memaparkan sejarah perkembangan SMK dari masa kolonial, orde baru, orde lama, hingga masa revitalisasi SMK. Gagasan-gagasan mengenai arah SMK dalam menghadapi pekembangan teknologi, teknologi informasi, dan tantangan disrupsi dibahas dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga memuat gagasan mengenai kurikulum hingga manajemen SMK dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Penulis berharap, gagasan-gagasan yang tertuang dalam buku ini menjadi ikhtiar untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan di masa depan. Buku ini masih terbuka untuk selalu disempurnakan. Masukan yang konstruktif merupakan hal yang berharga bagi penulisan buku selanjutnya. Penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak dalam enyelesaian buku ini. Buku ini dihibahkan oleh penulis untuk Masyarakat Indonesia, dengan harapan dapat menjadi amal jariyah berupa Ilmu yang bermanfaat. sebagai Semoga buku ini bermanfaat bagi pendidikan Indonesia!agar dapat berkompetisi di masa depan. Keputusan seorang individu tentang tingkat keterampilan yang ingin dicapai dan spesialisasi mata pelajaran yang dimiliki akan berdampak besar pada jalur karier mereka sepanjang kehidupan kerja. Seseorang seharusnya tidak memperlakukan masa depan sebagai kelanjutan sederhana dari masa sekarang, seolah-olah hari esok tidak berbeda dari hari sebelumnya. Umat manusia harus mengambil pendekatan serius terhadap pembentukan citra masa depan yang diinginkan. Oleh karena itu, besar harapannya agar buku ini dapat dimanfaatkan untuk dapat memberikan gambaran dan bekal untuk bersaing dan bertahan di masa depan serta dapat berkontribusi dalam memberikan pembentukan citra positif masa depan.

Item Type: Book
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi SMK, revolusi industri 4.0, Kolaborasi, Nawacita
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.24 Academic and Vocational School (Akademi, Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.006 Curriculum Change, Curriculum Evaluation (Perubahan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum)
Divisions: Koleksi Digital > Buku Umum
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:47
Last Modified: 12 Jan 2023 02:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item