Future Skills : Persiapan Menghadapi Masa Depan Tahun 2035

Khurniawan, Arie Wibowo and Irmawaty, (2019) Future Skills : Persiapan Menghadapi Masa Depan Tahun 2035. PT Penerbit IPB Press, Bogor. ISBN 978-623-256-249-3

[img]
Preview
Text
Future Skills 2035 + Cover.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Umat manusia akan segera menghadapi perubahan radikal baik dari segi ekonomi maupun sosial. erubahan-perubahan ini akan didorong oleh percepatan pengembangan teknologi dan kebaruan sosial yang terkait. Dalam perspektif jangka panjang, transisi teknologi baru mengarah pada terobosan revolusioner dalam efisiensi tenaga kerja dan pengembangan ekonomi. Namun, dalamperspektif jangka pendek, transisis tersebut akan menyebabkan ketidakseimbangan substansial dalam ekonomi dunia, sehingga memperparah ketidaksetaraan dan mendorong risiko pengangguran secara global. Sebagian besar tugas yang saat ini diberikan kepada karyawan akan diotomatisasi atau dihilangkan karena adanya perubahan cara organisasi sosial. Ekonomi baru akan membutuhkan spesialis baru. Pekerjaan yang ada di masa mendatang akan membutuhkan pendekatan kreatif dan kemampuan untuk bekerja, tidak hanya antar sesama manusia namun juga dengan kecerdasan buatan. Dibanding fokus pada satu pekerjaan, individu akan bekerja pada passion mereka dengan mencoba berbagai kegiatan spesifik. Buku ini memuat tentang keahlian yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi masa depan. Keahlian yang dibutuhkan dibentuk berdasarkan serangkaian asumsi dan solusi metodologis, antara lain: 1. Kedepannya siklus pekerjaan akan semakin pendek maka tentunya lebih penting untuk membentuk seperangkat keterampilan baru daripada memperkirakan peluang kerjaan yang tersedia. Keterampilan ini akan membantu karyawan memastikan posisi mereka dalam aktivitas tertentu di masa depan karena mereka akan siap untuk pelatihan ulang berikutnya. 2. Metode-metode persiapan keahlian ini berdasarkan data yang ada dan tren pada masa lalu. Ekstrapolasi sederhana ini mengandalkan serangkaian tren dasar yang akan mengarahkan transisi yang nyata di masyarakat, ekonomi dan teknologi. 3. Terdapat kompleksitas dan politisasi yang terus tumbuh dari dunia. Masih banyak yang belum mengetahui bahkan belum tersentuh dengan teknologi dasar. Di lain sisi, ada pula sekumpulan masyarakat yang sangat maju dan telah memanfaatkan teknologi yang lebih lanjut kedepannya. Oleh karena itu, keahlian yang dijelaskan merupakan keahlian umum yang dapat diperoleh oleh seluruh lapisan masyarakat. Pendidikan dan pengembangan keterampilan adalah salah satu bidang yang paling konservatif. Penyedia pendidikan dan pelatihan perlu menyadari potensi kebutuhan pasar tenaga kerja di masa depan untuk memastikan bahwa mereka menawarkan pelatihan yang dibutuhkan individu agar dapat berkompetisi di masa depan. Keputusan seorang individu tentang tingkat keterampilan yang ingin dicapai dan spesialisasi mata pelajaran yang dimiliki akan berdampak besar pada jalur karier mereka sepanjang kehidupan kerja. Seseorang seharusnya tidak memperlakukan masa depan sebagai kelanjutan sederhana dari masa sekarang, seolah-olah hari esok tidak berbeda dari hari sebelumnya. Umat manusia harus mengambil pendekatan serius terhadap pembentukan citra masa depan yang diinginkan. Oleh karena itu, besar harapannya agar buku ini dapat dimanfaatkan untuk dapat memberikan gambaran dan bekal untuk bersaing dan bertahan di masa depan serta dapat berkontribusi dalam memberikan pembentukan citra positif masa depan.

Item Type: Book
Additional Information (ID): 23/BP0013.pdf
Uncontrolled Keywords: School Governance, Efektivitas Pengelolaan Sekolah, SMK-BLUD, Total Quality Management (TQM
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Koleksi Digital > Buku Umum
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:49
Last Modified: 27 Sep 2023 08:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10137

Actions (login required)

View Item View Item