Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Cemaga Utara Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna

Huzaini, Ahmad (2022) Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Cemaga Utara Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40003-23-cover.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40003-23-abstrak.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Collaborative governance adalah salah satu pendekatan yang ideal dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat, dan kinerja kebijakan publik di tengah keterbatasan pemerintah dalam hal kemampuan sumber daya, sumber dana, dan jaringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kolaborasi pemerintah terkait pengelolaan dana desa di Desa Cemaga Utara Kabupaten Natuna selama masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penetian bahwa collaborative governance dalam pengelolaan dana desa di Desa Cemaga Utara Kabupaten Natuna sudah berjalan cukup baik dengan dikaji dari beberapa komponen; starting condition, collaborative process, facilitative leadership dan institutional design. Rekomendasi penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menghambat proses kolaboratif masih terjadi pada indikator koordinasi yaitu belum optimalnya pertemuan atau dialog tatap muka dalam keadaan COVID-19 sehingga hams dilakukan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40003-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Collaborative Governance in Village Fund Management in Cemaga Utara Village, Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Cemaga Utara
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:11
Last Modified: 10 Jan 2024 04:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item