Asih, Aliyyatul Hasanah Eva (2022) Pengembangan Bahan Ajar IPS lnspiratif Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas IV SDN Bluluk 1. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40005-23-abstrak.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
40005-23-cover.pdf Download (637kB) | Preview |
Abstract
Bahan ajar harus lebih mengena dengan lingkungan siswa dengan harapan siswa termotivasi untuk belajar berfikir kritis pada peristiwa yang terjadi di sekitar mereka. Oleh sebab itu perlu disusun buku bahan ajar inspiratif dimana input materinya lebih mendekatkan anak pada kondisi nyata yang ada di sekelilingnya. Buku bahan ajar tersebut juga bisa digunakan secara mandiri maupun dengan bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan bahan ajar IPS Inspiratif serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bluluk 1 pada Sub Terna "Lingkungan tempat tinggalku". Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall yang sudah direvisi. Tahapan yang dimaksud mencakup : (1). Penelitian dan pengumpulan Data , (2). Perencanaan Produk , (3). Pengembangan format Produk awal, (4). Validasi Produk, (5). Revisi Produk, (6) Uji Coba Lapangan , (7) Revisi Produk II, (8) Diseminasi dan Implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kelayakan pada bahan ajar IPS lnspiratifmencapai 83% dan aspek kegrafikan mencapai 94,5%. Sedangkan untuk kelayak:an isi , bahasa dan edukasi dari buku bahan ajar tersebut masing masing mencapai 95%, 92% dan 88%. Analisa tes hasil belajar siswa yang menggunakan buku tersebut juga menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa buku bahan ajar IPS Inspiratif sangat baik dan layak digunakan untuk siswa kelas IV SDN Bluluk 1 dan berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40005-23.pdf |
Uncontrolled Keywords: | teaching materials, aspirations, learning outcomes , bahan ajar, inpiratif, hasil belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 05:01 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10156 |
Actions (login required)
View Item |