Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar

Victoria, Arum (2022) Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40009-23 COVER-.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40009-23 ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara tingkat pendapatan orang tua dengan hasil belajar siswa, mendeskripsikan pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan pengaruh antara tingkat pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian,termasuk jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar tahun pelajaran 2019/2020 yang sedang duduk di kelas IV. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik multistage dengan tahapan sebagai berikut: 1)mengelompokkan sekolah dasar negeri di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar berdasarkan wilayahnya, 2) memilih secara acak satu sekolah pada tiap-tiap gugus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tentang motivasi dan pendapatan orangtua. Untuk hasil belajar menggunakan nilai rapot semester I tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan adalah anova dua arah dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) terdapat pengaruh antara pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa SD Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, 2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SD Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, dan 3) terdapat pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40009-23.pdf
Uncontrolled Keywords: parental income, learning motivation, student learning outcomes, pendapatan orang tua, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:12
Last Modified: 12 Jan 2024 08:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item