Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai SAMSAT Provinsi Sumatera Utara

Caniago, Dedy Irvan (2021) Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai SAMSAT Provinsi Sumatera Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40013-23cover.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40013-23abstrak.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Sistem Administrasi Manunggal Satu A tap (SAMSAT) merupakan salah satu intansi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang bertugas memberikan pelayanan publik secara langsung kepada masyarakat. Pembentukan SAMSAT dimaksudkan untuk memperlancar, mempermudah dan mempercepat pelayanan pajak kepada masyarakat. SAMSAT merupakan suatu sistem kerjasama terpadu antara POLRI, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja. Pelayanan di SAMSAT meliputi berbagai macam pelayananlpengurusan pajak kendaraan bermotor. Keberhasilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat dipengaruhi dari kinerja pegawai. Penelitian ini bermaksud menganalisis,pengaruh iklim organisasi, kepemimpinan, dan kepuasan keija tehadap kinerja dari pegawai pada kantor Samsat Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian yang digunakan terdiri dari 755 pegawai. Melalui penggunaan teknik sampling purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 90 orang dan dialokasikan secara proporsional. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan berskala Likert. Untuk menganilisis data penelitian dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 26. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui iklim organisasi memberi pengaruh positif pada kinerja pegawai Samsat Provinsi Sumatera Utara sebesar 26,2%, kepemimpinan memberi pengaruh positif pada kinerja pegawai sebesar 28%, dan kepuasan kerja memberi pengaruh positif pada kinerja pegawai sebesar 25,1 %. Selanjutnya, secara bersama-sama iklim organisasi, kepemimpinan, dan kepuasaan juga memberi pengaruh positif pada kinerja pegawai Samsat Provinsi Sumatera Utara sebesar 61,1 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40013-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Organizational Climate, Leadership, Job Satisfaction,Employee Performance, Iklim Organisasi, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:01
Last Modified: 12 Jan 2024 10:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item