Penerapan Pembelajaran Berstrategi React Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMK

Susilo, Dwi (2021) Penerapan Pembelajaran Berstrategi React Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40018-23cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40018-23abstrak.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini berfokus pada upaya untuk mengetahui tingkat capaian kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai akibat dari penerapan pembelajaran berstrategi REACT dengan pendekatan kontekstual dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Sam pel penelitian menggunakan teknik sampel acak bergerombol (clustered random sampling). Kelas XI RPL 2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran berstrategi REACT dengan pendekatan kontekstual dan kelas XI KGSP sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran langsung. Desain penelitian ini adalah post test only control group design. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes uraian untuk mengumpulkan data kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen non tes berupa angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t setelah uji asumsinya yaitu uji normalitas dan homogenitas dipenuhi. Uji lanjutan (Uji Tukey) dilakukan untuk melihat perbedaan pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa jika ditinjau dari tingkatan kemampuan awal siswa. Hasil perhitungan uji t pada data kemampuan komunikasi matematis dan data motivasi belajar siswa masing-masing menunjukkan nilai nilai p-value sebesar 0,000 dan 0,016 dengan signifikansi (a= 0,05), basil ini menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berstrategi REACT dengan pendekatan kontekstual memiliki capaian yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Sedangkan hasil Uji Tukey data kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa masing-masing menunjukkan nilai yang menyimpulkan bahwa penerapan yang dilakukan di kelas sampel memberikan pengaruh yang berbeda nyata diantara keduanya terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40018-23.pdf
Uncontrolled Keywords: REACT of Strategy, Mathematical communication, motivations of learning, Strategi REACT, Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:02
Last Modified: 16 Jan 2024 03:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item