Hubungan Antara Kinerja Dan Disiplin Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 6 SD Negeri Kecamatan Ketungau Tengah

Nius, Herelius (2022) Hubungan Antara Kinerja Dan Disiplin Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 6 SD Negeri Kecamatan Ketungau Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40030-23 cover.pdf

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubtmgan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa, disiplin guru dengan hasil belajar siswa, serta kinerja dan displin guru secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Kinerja guru merupakan sekumpulan perilaku pendidik yang memberi kontribusi terhadap pencapaian tujuan sekolah. Kinerja merupakan instrumen penting dalam manajemen karena sangat berkaitan dengan produktivitas individu maupun lembaga. Kinerja guru ditentukan oleh beberapa faktor di antaranya adalah disiplin. Disiplin adalah kesadaran dan kesediaan seseorang untuk mentaati segala peraturan lembaga dan norma sosial yang berlaku. Kinerja dan disiplin guru berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah perubahan sikap seseorang yang dapat diukur dan diamati berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Perubahan yang dimaksud dapat diterjemahkan sebagai perbaikan dan perkembangan ke arah yang positif dan mereka yang tidak mengetahuinya akan menjadi sadar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan perhitungan prasyarat uji validitas, reliabilitas, linearitas, dan normalitas dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for Windows dan Microsoft Excel 2019 untuk pengolahan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala Iikert dan nilai murni hasil belajar siswa semester genap 2020/2021. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh atau sensus, dimana sampel diambil dari keseluruhan populasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 82 responden. Berdasarkan perhitungan angket diketahui mayoritas variabel kinerja guru, disiplin guru, dan hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dengan rincian variabel kinerja guru (60%), disiplin guru (63%), sedangkan hasil belajar siswa (88%). Dari hasil uji analisis korelasi diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan secara signifikan (1)antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa (35,2%), (2) antara disiplin guru dengan hasil belajar siswa (38,3%), dan (3) antara kinerja dan disiplin guru dengan hasil belajar siswa (48,2%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40030-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher Performance, Teacher Discipline, Student Outcomes, Kinerja Guru, Disiplin Guru, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:29
Last Modified: 12 Aug 2024 04:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item