Hubungan Antara Sikap Sosial Dan Sikap Spiritual Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara

I Gusti, Ayu Kade Wulandari (2022) Hubungan Antara Sikap Sosial Dan Sikap Spiritual Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40035-23 cover.pdf

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap sosial dan sikap spiritual terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Negara. Penelitian ini adalah penelitian "korelasional". Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Negara yang berjumlah 192 orang dan jumlah sampel 149 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling atau merupakan teknik penentuan sampel secara acak dengan memperhitungkan jumlah proposi pada setiap sekolah yang dalam hal ini yaitu pada masing-masing kelas V sekolah dasar yang termasuk kedalam Gugus VI Kecamatan Negara. Sekolah yang menjadi sampel yaitu SD Negeri 1 Kaliakah (21 orang siswa), SD Negeri 2 Kaliakah (19 orang siswa), SD Negeri 3 Kaliakah (13 orang siswa), SD Negeri 4 Kaliakah (8 orang siswa), SD Negeri 5 Kaliakah (11 orang siswa), SD Negeri I Berangbang (12 orang siswa), SD Negeri 2 Berangbang (15 orang siswa), SD Negeri 3 (12 orang siswa), SD Negeri 4 Berangbang (24 orang siswa), dan SD Negeri 5 Berangbang (14 orang siswa). Data sikap sosial dan sikap spiritual dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan data hasil belajar PPKn dilakukan dengan pencatatan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan (korelasi) antara sikap so sial dan sikap spiritual dengan basil belajar PPKN siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Negara adalah Rxl x2y sebesar 0,50 yang bermaksudkan, terdapat hubungan yang cukup kuat. 2) Hasil uji signifikan juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini telah dibuktikan dengan nilai 5.69 dan F tabel = 3,44 pada taraf signifikansi (a) 5% dengan dkpembilang = 2 dan dkpenyebut = (25-2-1) maka Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima. Sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan antara antara sikap sosial siswa dengan sikap spiritual siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Negara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40035-23.pdf
Uncontrolled Keywords: spiritual attitude, social attitude, PPKn learning outcomes, sikap spiritual, sikap sosial, basil belajar PPKn
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:36
Last Modified: 12 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item