Analisis Faktor Demografi, Kompensasi, Kepuasaan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Komitmen Organisasi (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Merauke dan Boven Digoel)

Trisnawati, Isnarti (2022) Analisis Faktor Demografi, Kompensasi, Kepuasaan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Komitmen Organisasi (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Merauke dan Boven Digoel). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40051-23 cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demografi dan kompensasi terhadap komitmen organisasi yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis kausalitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disusun dengan skala Iikert lima poin. Sampel penelitian berjumlah 109 orang yang merupakan pegawai di Inspektorat Kabupaten Merauke dan Inspektorat Kabupaten Boven Digoel. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor demografi berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasi dan kompensasi, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi, dan kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signiftkan terhadap komitmen organisasi. Kompensasi dapat memediasi hubungan faktor demografis terhadap komitmen organisasi dan kepuasan kerja. Kepuasan kerja dapat memediasi hubungan kompensasi terhadap komitmen organisasi, tetapi tidak dapat memediasi hubungan faktor demografis terhadap komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40051-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Demographic Factors, Compensation, Job Satisfaction, Organizational Commitment, Faktor Demografi, Kompensasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.1 Organizations (Manajemen Organisasi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen SDM
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:54
Last Modified: 31 Jul 2024 02:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10210

Actions (login required)

View Item View Item