Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya

Purnamasari, Yanti (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41597.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis: kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT); peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) dibandingkan dengan yang mengikuti pembelajaran langsung; serta interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik. Penelitia.ll ini adalah penelitian kuasi eksperirnen dengan membandingkan kemampuan penalaran dan koneksi matematik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan "Pre-test Post-test Control Group Design". Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN I Kota Tasikmalaya. Tingkatan kelas yaQg dijadikan sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling peserta didik kelas VII SMPN 1 Kota Tasikmalaya, dan untuk pengambilan kelas sampel diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan penalaran dan koneksi matematik serta angket kemandirian belajar peserta didik dan pedoman observasi. HasH penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata skor kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) termasuk kriteria tinggi, peningkatan kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran langsung, peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran langsung, tidak terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematik peserta didik, serta terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) dan model pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41597.pdf
Uncontrolled Keywords: teams games-tournament (tgt) type of cooperative learning model, students' self regulated learning, mathematical reasoning ability, mathematical connection ability, model pembelajaran kooperatif tipe teams games-tournament (tgt), kemandirian belajar, kemampuan penalaran matematik, kemampuan koneksi matematik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:08
Last Modified: 05 Aug 2016 08:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item