Teater Kekerasan: Membaca Kekuatan Pikiran Para Jagoan dan Elite Strategis di Madura

Daulay, Pardamean and Raditya, Ardhie (2022) Teater Kekerasan: Membaca Kekuatan Pikiran Para Jagoan dan Elite Strategis di Madura. Inara Publisher, Malang. ISBN 978-623-5970-80-6

[img]
Preview
Text
Buku Teater Kekerasan Upaya Elite Strategis Memadamkan Bara Api Sosial Di Madura.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai mahkluk sosial, dalam berinteraksi dengan manusia lainnya sering terjadi ketidaksesuaian baik cara maupun tujuan, sehingga berakibat konflik berwujud kekerasan (violence). Sejak akhir tahun 2012 terjadi peningkatan kekerasan di masyarakat Indonesia, bahkan dalam dunia pendidikan yang melembaga dan antar aparatur negara. Jumlah kekerasan meningkat tajam sejak tahun 2011. Menurut data kepolisian RI tercatat 296.146 kasus, dan meningkat menjadi 316.500 kasus sampai dengan bulan November 2012. Penyelesaian kasus meningkat dari 52 persen menjadi 53 persen. Dalam sejarah kehidupan manusia kekerasan merupakan pelengkap dari bentuk kejahatan itu sendiri. Munculnya kekerasan sebagai akibat dari interaksi antar manusia, karena perbedaan kepentingan dalam berkehidupan sosial. Kejahatan merupakan hal yang abadi dalam kehidupan umat manusia, karena berkembang seiring dengan meningkatnya peradaban manusia. Tindakan kekerasan kepada pihak lain merupakan bentuk aktifitas manusia yang mempunyai indikasi melawan hukum atau bertentangan dengan undang-undang yang berlaku. Madura sebagai salah satu daerah pinggiran, kota kecil di sebelah timur pulau Jawa, seringkali disebut-sebut sebagai daerah penyuplai tindakan kekerasan di Indonesia. Berdasarkan laporan resmi Polwil Madura (tahun 2005-2007) menyebutkan bahwa ada sekitar 60% kasus kekerasan di Madura terjadi karena peristiwa carok. Padahal, carok bukan peristiwa kekerasan, melainkan suatu peristiwa pertarungan satu lawan satu, dikehendaki, dan disetujui oleh kedua belah pihak untuk membela harga diri dengan berani. Buku ini diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan bagi para pembaca mengenai pola pikir serta kekerasan yang terjadi di Madura.

Item Type: Book
Additional Information (ID): BP0001-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Teater Kekerasan, Elite Strategis, Madura
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.3 Social Interactions within Groups (Interaksi Sosial dalam Kelompok)
Divisions: Koleksi Digital > Buku Umum
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:16
Last Modified: 10 May 2023 02:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item View Item