Pengaruh Kualitas Layanan Publik Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Weekarou Kabupaten Sumba Barat

Christina, Joke Ratna (2022) Pengaruh Kualitas Layanan Publik Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Weekarou Kabupaten Sumba Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pelayanan tenaga kesehatan dan kepuasan pasien sangat mempengaruhi loyalitas pasien pada layanan kesehatan terutama pada puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengaruh kualitas pelayanan tenaga kesehatan dan kepuasan pasien rawat jalan terhadap loyalitas pelanggan pada Puskesmas Weekarou Kabupaten Sumba Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi dari pasien rawat jalan pada Puskesmas Weekarou Kabupaten Sumba Barat. Berdasarkan informasi Kepala Puskesmas Weekarou jumlah pasien rawat jalan berkisar 20-30 orang per hari (pasien baru ataupun sudah beberapa kali datang berobat). Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan atau peluang yang tidak sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan selanjutkan dilakukan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur I path. Untuk mendukung dan mempertajam hasil analisis kuantatif maka dilakukan mix method dimana maka dilakukan analisis kualitatif melalui wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil analisis kualitatif mendukung dan mempertajam basil analisis kuantitatif. Menurut responden penelitian ini menunjukkan bahwa pasien rawat jalan pada Puskesmas Weekarou Kabupaten Sumba Barat menilai tingkat pencapaian kualitas pelayanan, kepuasan pelayanan dan loyalitas pelanggan sangat tinggi. Lebih lanjut, menurut responden penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, serta kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kualitas layanan berpengaruh sifuifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel intervening kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini juga dilakukan analisis gap lima (gap 5) untuk mengetahui kesenjangan antara nilai kinerja dan harapan dari kepuasan pasien terhadap lima dimensi kualitas layanan Puskesmas Weekarou.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40057-23.pdf
Uncontrolled Keywords: service quality, satisfaction, customer loyalty, gap five, in-depth interview kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas pelanggan, gap lima, indepth interview
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:53
Last Modified: 17 Nov 2023 09:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item View Item