Sapriati, Amalia (2016) Penilaian Kinerja dan Otentik dalam Pembelajaran. In: Penguatan Profesionalitas Guru dalam Menjawab Tantangan Abad-21. Universitas Terbuka, pp. 187-204. ISBN 233978-602-392-099-0
|
Text
BS0004-23.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pembahasan pada sesi ini menjelaskan tentang penilaian dalam pembelajaran, terutama penilaian alternatif (penilaian non tes, yaitu penilaian kinerja dan penilaian otentik. Dengan ada berbagai pandangan tentang pengertian penilaian kinerja dan otentik, perlu dijelaskan bahwa yang dimaksud penilaian kinerja adalah penilaian alternatif yang tidak menggunakan instrumen tes dan mungkin tidak menggunakan konteks tugas yang menyerupai kondisi kehidupan nyata, sedangkan penilaian otentik adalah penilaian yang menggunakan konteks tugas yang menyerupai kondisi tempat kerja yang sebenernya. Sajian pada sesi juga meliputi contoh pengembangan instrumen penilaian yang valid, reliabel, dan dapat dilaksanakan disamping contoh penerapan penilaian kinerja dan otentik dalam kontek pembelajaran jarak jauh di FKIP Universitas Terbuka
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information (ID): | BS0004-23.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, kinerja, otentik, praktikum |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Koleksi Digital > Publikasi UT |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:08 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10243 |
Actions (login required)
View Item |