Penilaian Kinerja dan Otentik dalam Pembelajaran

Sapriati, Amalia (2016) Penilaian Kinerja dan Otentik dalam Pembelajaran. In: Penguatan Profesionalitas Guru dalam Menjawab Tantangan Abad-21. Universitas Terbuka, pp. 187-204. ISBN 233978-602-392-099-0

[img]
Preview
Text
BS0004-23.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembahasan pada sesi ini menjelaskan tentang penilaian dalam pembelajaran, terutama penilaian alternatif (penilaian non tes, yaitu penilaian kinerja dan penilaian otentik. Dengan ada berbagai pandangan tentang pengertian penilaian kinerja dan otentik, perlu dijelaskan bahwa yang dimaksud penilaian kinerja adalah penilaian alternatif yang tidak menggunakan instrumen tes dan mungkin tidak menggunakan konteks tugas yang menyerupai kondisi kehidupan nyata, sedangkan penilaian otentik adalah penilaian yang menggunakan konteks tugas yang menyerupai kondisi tempat kerja yang sebenernya. Sajian pada sesi juga meliputi contoh pengembangan instrumen penilaian yang valid, reliabel, dan dapat dilaksanakan disamping contoh penerapan penilaian kinerja dan otentik dalam kontek pembelajaran jarak jauh di FKIP Universitas Terbuka

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): BS0004-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Penilaian, kinerja, otentik, praktikum
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Koleksi Digital > Publikasi UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:08
Last Modified: 27 Mar 2023 06:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item