Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pada Kelompok B Gugus VI Kec. Buleleng

Pratiwi, Mutiara Hadi and Agung, Anak Agung Gede and Magta, Mutiara (2018) Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pada Kelompok B Gugus VI Kec. Buleleng. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (3). pp. 333-343.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Permainan Konstruktif thd perkembangan sosial.pdf

Download (795kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/a...

Abstract

Perkembangan sosial anak sangat penting untuk dikembangkan dalam melakukan hubungan sosial di lingkungan sekitarnya, tetapi pada kenyataannya perkembangan sosial anak masih rendah dengan rata-rata 42,50%. Hal ini disebabkan minimnya penggunaan permainan konstruktif yang belum efektif, sehingga kualitas proses pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan konstruktif terhadap perkembangan sosial anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B pada gugus VI Kecamatan Buleleng yang berjumlah 387 anak. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan yang terpilih sekolah TK Negeri Pembina sebagai kelompok eksperimen serta TK Aisyiyah sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 32.23 sedangkan pada kelompok kontrol memperoleh sebesar 24.75. Data perkembangan sosial anak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusikan normal dan homogen. Kemudian data dianalisis menggunakan uji-t, maka diperoleh hasil thitung dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memperoleh hasil sebesar 12,26 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan dk =57 adalah 2.002, sehingga thitung lebih besar dari ttabel maka H0 dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok yang mendapatkan perlakuan permainan konstruktif dengan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perkembangan, permainan, eksperimen
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
700 The Art, Fine and Sport > 790-799 Recreational and Performing Arts (Olah Raga dan Seni Pertunjukan) > 796.2 Games with Equipment (Permainan Olah Raga yang Menggunakan Alat)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:26
Last Modified: 06 Apr 2023 06:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item