Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan

Rizki, Amalia and Magta, Mutiara and Ujianti, Pt. Rahayu (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (2). pp. 219-229.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Model tipe Numbered head together.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe numbered head together terhadap kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. penelitian ini merupakan penelitian quasi eskperimen dengan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A Gugus VI Kecamatan Buleleng yang berjumlah 224 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran tipe numbered head together pada kelas eksperimen sebesar 22,83 yang termasuk kategori tinggi dan kelompok kontrol sebesar 17,96 yang termasuk kategori sedang. Data kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Data dianalisis menggunakan uji-t, maka diperoleh hasil thitung yaitu 7,446 dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 7,815, sehingga thitung > ttabel maka, H0ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan mengenal lambang bilangan yang diberikan treatment berupa model pembelajaran tipe numbered head together dan kelompok anak dengan perlakuan berupa metode ceramah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, model pebelajaran tipe numbered head together, lambang bilangan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 512.7 Number Theory/Teori Angka, Teori Bilangan
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:37
Last Modified: 06 Apr 2023 06:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10283

Actions (login required)

View Item View Item