Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Komprasi Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak

Setiana, I Made and Antara, Pt. Aditya and Magta, Mutiara (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Komprasi Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (2). pp. 209-218.

[img]
Preview
Text
Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan komprasi anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan penelitian post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B TK di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 217. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Data hasil kemampuan komparasi anak dikumpulkan dengan teknik observasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,317 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk=30 diperoleh nilai ttabel = 1,891 sehingga thitung = 2,317 > ttabel = 1,891. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak, ini berarti hipotesis H1 diterima yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komparasi anak antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok anak yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek anak kelompok B di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Adapun nilai rata-rata kemampuan komparasi anak pada kelompok yang dibelajarakan dengan model pembelajaran berbasis proyek adalah 28, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok yang dibelajarkan dengan metode konvensional adalah 26. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komparasi anak antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok anak yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek anak kelompok B di Gugus VI Kecamatan Buleleng.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak, kemampuan komparasi, model pembelajaran berbasis proyek
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:42
Last Modified: 06 Apr 2023 06:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item