Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Kelompok A di Taman Kanak-Kanak

Suciani, Luh and Antara, Pt. Aditya and Magta, Mutiara (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Bekerjasama Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (2). pp. 199-208.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Metode pembelajaran make a match.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan bekerjasama kelompok A di Taman Kanak-kanak Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan penelitian post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok A TK di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 217. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Data hasil kemampuan kerjasama dikumpulkan dengan teknik observasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,317 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk=30 diperoleh nilai ttabel = 1,891 sehingga thitung = 2,317 > ttabel = 1,891. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak, ini berarti hipotesis H1 diterima yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerjasama anak antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran make a match dan kelompok anak yang tidak dibelajarkan dengan metode konvensional anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun nilai rata-rata kemampuan kerjasama pada kelompok yang dibelajarakan dengan metode pembelajaran make a match adalah 28, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok yang dibelajarkan dengan metode konvensional adalah 26. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerjasama anak antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran make a match dan kelompok anak yang tidak dibelajarkan dengan metode konvensional pada anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: anak, kemampuan kerjasama, metode make a match
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:45
Last Modified: 06 Apr 2023 06:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item