Pengaruh Active Listening Melalui Story Telling Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A

Trisnawati, Ni Putu Dewi and Suarni, Ni Ketut and Magta, Mutiara (2018) Pengaruh Active Listening Melalui Story Telling Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (2). pp. 126-135.

[img]
Preview
Text
Pengaruh active listening melalui story telling.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan yang menggunakan active listening melalui story telling dengan anak yang menggunakan model pembelajaran langsung direct instruction terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu, populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok A di gugus II Kecamatan Buleleng Tahun 2017/2018 yang berjumlah 248 anak. Sampel penelitian ini yaitu TK Shaiwa Dharma yang berjumlah 20 anak dan TK Kemala Bhayangkari yang berjumlah 20 anak. Data kemampuan menyimak dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes yaitu dengan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampua menyimak antara siswa yang menggunakan model pembelajaran actice listening dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran active listening dengan thit = 32,409 > ttab 2,042 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analsis data model pembelajaran active listening melalui story telling berpengaruh terhadap kemampuan menyimak. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran active listening yaitu 27,85 dan skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction yaitu 16,15. Perbaikan dilakukan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran active listening untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak dalam mengatasi kendala-kendala dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bercerita, active listening, kemampuan menyimak
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: David NP
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:25
Last Modified: 06 Apr 2023 07:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item