Disruptif Teknologi Komunikasi dalam Pendidikan, Analisis MOOCs di Indonesia

Sediyaningsih, Sri (2016) Disruptif Teknologi Komunikasi dalam Pendidikan, Analisis MOOCs di Indonesia. In: Konferensi Nasional Komunikasi, 12 Oktober 2016, Makasar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Desruptif Teknologi Komunikasi dalam Pendidikan.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak perubahan dalam segala bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Massive Open Online Courses (MOOCs) adalah salah satu dampak dari perkembangan teknologi komunikasi. Interaksi yang selama ini menggunakan tatap muka, computer mediated communication (CMC) kini sudah beranjak ke ranah berbasis internet. Inovasi teknologi membawa banyak perubahan dari sisi kehidupan penggunanya, oleh karenanya inovasi teknologi dapat juga dikatakan sebagai disruptif teknologi, gangguan yang bisa membawa dampak bagi penggunanya, baik itu dampak positif atau sebaliknya semua berpulang pada penggunanya. MOOCs belum begitu popular di Indonesia, keberadaannya belum 10 tahun, namun melalui MOOCs beragam bentuk informasi dan pengetahuan bisa didesiminasikan secasa massif. Melalui kajian praktis terhadap materi ajar Public Speaking di IndonesiaX, didasarkan pada teori pembelajaran, desain instruksional, belajar jarak jauh, serta komunikasi hyper-personal maka tulisan ini dibuat , untuk memberi gambaran kepada kita khususnya para pengajar agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin perkembangan teknologi dalam membangun anak bangsa melalui penyebarluasan ilmu pengetahuan

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Additional Information (ID): 23/S0047.pdf
Uncontrolled Keywords: Desruptif Teknologi Komunikasi dalam pendidikan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 May 2023 05:47
Last Modified: 29 Sep 2023 02:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item