Model Komunikasi Layanan Bantuan Belajar Bagi Masyarakat Penyandang Tunanetra Di Indonesia (Analisis terhadap pembuatan model layanan bantuan belajar terhadap mahasiswa disabilitas PTTJJ)

Sediyaningsih, Sri and Yunus, Mohamad and Limbong, Asnah Marlina Nellawaty (2016) Model Komunikasi Layanan Bantuan Belajar Bagi Masyarakat Penyandang Tunanetra Di Indonesia (Analisis terhadap pembuatan model layanan bantuan belajar terhadap mahasiswa disabilitas PTTJJ). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian Layanan Bantuan Belajar, 2016.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan kaum penyandang disabilitas khususnya tunanetra di Indonesia perlu digalakkan, khususnya kesempatan bagi mereka untuk menempuh pendidikan tinggi. Dari data yang ada di Indonesia penyandang disabilitas tunanetra 3,4 juta orang dan barun 300 orang memperoleh gelar sarjana. Hal ini tentu saja harus dicarikan solusinya agar mereka mempunyai kesempatan yang sama dengan warga Negara Indonesia lainnya, sesuai dengan apa yang sudah dimaklumatkan pada UUD 1945 pasal 27 ayat 2 untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak. Salah satu untuk mencapai hal tersebut melalui pendidikan. Pendidikan tinggi menjadi kajian pada penelitian ini dikarenakan sifatnya yang menuntut pembelajar mampu mandiri dalam segala kegiatan. Dengan keterbatasan phisik maka diperlukan layanan bantuan belajar yang dirancang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan pembelajar. Dengan asumsi meminimalisasi keterbatasan yang ada, baik dikarenakan letak gegografis, jarak tempuh dan lainnya maka analisis model layanan bantuan belajar ini difokuskan pada pendidikan tinggi terbuka jarak jauh. Berberapa konsep melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah pemahaman terhadap apa kategori disabilitas, teori student development, instructional design, verbal dan non verbal komunikasi. Pendekatan konstruktivis dipilih untuk melihat segala sesuatu secara natural dengan membangun pemahaman berdasarkan pemaknaan terhadap suatu realitas, maka penelitian ini menggunakan metode etnometodologi dengan unit analisis individu yang ada di wilayah jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerangt dan Bekasi).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0098.pdf
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi Layanan Bantuan Belajar bagi Tunanetra
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 May 2023 06:15
Last Modified: 25 Sep 2023 06:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item