Sediyaningsih, Sri and Chaeruman, Uwes A. and Junu, Kasiyah and W., Bambang D. and Asmawati, Luluk and Murad, Dina Fitria (2022) Engaging Online Discussion Using the Community of Inquiry Framework on ICE-Institute’s Massive Open Online Course”. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.
|
Text
Penelitian MOOCs (Laporan).pdf Download (807kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model Massive open online course (MOOCs) agar lebih mudah diakses dan terjangkau untuk siapa saja. Hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa MOOCs memiliki banyak tantangan. Salah satu diantaranya adalah besarnya angka dropout dan rendahnya capaian hasil belajar ((Ferguson & Clow, 2015; Jordan, 2014; Kizilcec, Piech, & Schneider, 2013). Menurut Potter, 2004 kunci keberhasilan belajar daring adalah interaksi. Menjawab permsalahan ini, penelitian ini melihat dari sisi penerapan online collaborative learning (OCL) dengan menerapkan framework community of inquiry (COI). Karena OCL memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (Junus, 2021). MOOCs telah menjadi salah satu pendekatan pembelajaran daring yang semakin berkembang dan banyak diteliti dewasa ini. ICE-institute sebagai konsorsium penyelanggara credential learning melalui MOOCs, mendorong adanya temuan-temuan dan pengembangan model pembelajaran baru yang dapat meningkatkan pengelaman belajar dalam pembelajaran daring.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 23/G0097.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian MOOCs dari sisi COI |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 02 May 2023 06:22 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 06:24 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10361 |
Actions (login required)
View Item |