Jamil, and Ibandong, and Langke, Aminuddin (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Tutorial Webinar (Tuweb) Terhadap Kepuasan Mahasiswa PGSD UPBJJ-UT Makassar. Project Report. Universitas Terbuka, Makassar.
|
Text
Laporan Penelitian 2021 - 2 - Ibandong.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) yang tersebar sampai kepelosok dengan pembelajaran jarak jauh terjangkau layanan tutorial webinar sampai kepeolsok yang memiliki jaringan intrnet yang memadai dan khusus yang belum memiliki akses jaringan internet diaharapkan bergeser ketempat yang memiliki jaringan internet, penguasaan iptek di kalangan Tutor dan mahasiswa, dapat menunjang pembelajaran tutorial webinar TUWEB secara sinkronus dipadukan aplikasi learning Management Sistem (LMS) dengan Asinkronus dengan berbasis kelas dan permatakuliah yang dilakukan secara terjadwal. Kemampuan belajar secara efisien. Harus didorong kemampuan belajar dengan kecepatan membaca dan kemampuan memahami konsep-konsep utama. belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut Layanan akademik yang disediakan melalui tutorial webinar melalui aplikasi Tems telah dimanfaatkan salah satu layanan akademik selama masa Pandemik covip-19 antara lain, praktikum/praktikum dan bimbingan akademik. Kualitas layanan akademik akan ditentukan dari kesiapan tutor, kedisiplinan, kompetensi tutor dalam pembelajaran online, dan kesiapan mahasiswa dalam bentuk online. Dengan kualitas layanan memudahkan mahasiswa mendapatkan bantuan belajar yang tempat tinggalnya tersebar di 24 Kabupaten sebagai wilayah layanan Unit pelaksanan teknis Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT). Dengan demikian, mahasiswa dapat mengakses layanan akademik Tems secara sinkronus sesuai jadwal dan Link kelas yang sudah ditentukan. hasil regresi menunjukkan hubungannya dengan layanan tutor pada tutorial webinar, menunjukkan angka 0,571 pada nilai R, artinya hubungan kedua variabel kmemiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri sesuai beban studi. Untuk mencapai hasil belajar di UT, mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri. uat. Korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan variabel kualitas layanan tutorial webinar dan variabel kepuasan mahasiswa, semakin baik kualitas layanan tuweb maka mahasiswa juga akan semakin puas menrima bimbingan belajar mandiri.
Actions (login required)
View Item |