Pengaruh Kualitas Layanan Tutorial Webinar (Tuweb) Terhadap Kepuasan Mahasiswa PGSD UPBJJ-UT Makassar

Jamil, and Ibandong, and Langke, Aminuddin (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Tutorial Webinar (Tuweb) Terhadap Kepuasan Mahasiswa PGSD UPBJJ-UT Makassar. Project Report. Universitas Terbuka, Makassar.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian 2021 - 2 - Ibandong.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) yang tersebar sampai kepelosok dengan pembelajaran jarak jauh terjangkau layanan tutorial webinar sampai kepeolsok yang memiliki jaringan intrnet yang memadai dan khusus yang belum memiliki akses jaringan internet diaharapkan bergeser ketempat yang memiliki jaringan internet, penguasaan iptek di kalangan Tutor dan mahasiswa, dapat menunjang pembelajaran tutorial webinar TUWEB secara sinkronus dipadukan aplikasi learning Management Sistem (LMS) dengan Asinkronus dengan berbasis kelas dan permatakuliah yang dilakukan secara terjadwal. Kemampuan belajar secara efisien. Harus didorong kemampuan belajar dengan kecepatan membaca dan kemampuan memahami konsep-konsep utama. belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut Layanan akademik yang disediakan melalui tutorial webinar melalui aplikasi Tems telah dimanfaatkan salah satu layanan akademik selama masa Pandemik covip-19 antara lain, praktikum/praktikum dan bimbingan akademik. Kualitas layanan akademik akan ditentukan dari kesiapan tutor, kedisiplinan, kompetensi tutor dalam pembelajaran online, dan kesiapan mahasiswa dalam bentuk online. Dengan kualitas layanan memudahkan mahasiswa mendapatkan bantuan belajar yang tempat tinggalnya tersebar di 24 Kabupaten sebagai wilayah layanan Unit pelaksanan teknis Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT). Dengan demikian, mahasiswa dapat mengakses layanan akademik Tems secara sinkronus sesuai jadwal dan Link kelas yang sudah ditentukan. hasil regresi menunjukkan hubungannya dengan layanan tutor pada tutorial webinar, menunjukkan angka 0,571 pada nilai R, artinya hubungan kedua variabel kmemiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri sesuai beban studi. Untuk mencapai hasil belajar di UT, mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri. uat. Korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan variabel kualitas layanan tutorial webinar dan variabel kepuasan mahasiswa, semakin baik kualitas layanan tuweb maka mahasiswa juga akan semakin puas menrima bimbingan belajar mandiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0089.pdf
Uncontrolled Keywords: tutorial, webinar, mandiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 May 2023 09:33
Last Modified: 25 Sep 2023 04:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item