Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Webinar (TUWEB) Mata Kuliah Pendas dan Non Pendas di UPBJJ-UT Makassar

Ibandong, and Hasanuddin, and Jamil, (2021) Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Webinar (TUWEB) Mata Kuliah Pendas dan Non Pendas di UPBJJ-UT Makassar. Project Report. Universitas Terbuka, Makassar.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian 2021 - Ibandong.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas tutorial webinar pada mata kuliah pendas dan non pendas di UPBJJ-UT Makassar. Evaluasi pelaksanaan tutorial difokuskan pada pelaksanaan aktivitas tutorial webinar, kepuasan mahasiswa dan kinerja tutor selama pelaksanaan tutorial, meliputi kemampuan dan keterampilan tutor dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas tutorial, serta faktor yang mempengaruhi kinerja tutor selama pelaksanaan tutorial. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang menekankan pada pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh dan analisis statistik deskriptif melalui pendekatan persentase tingkat pemahaman dan keterampilan tutor, pelaksanaan tutorial webinar, dan kepuasan mahasiswa. Selain itu, melakukan pengukuran variabel penelitian dengan Skala Likert dengan menjabarkan variabel yang diteliti dalam bentuk deskriptif selama proses pelaksanaan aktivitas tutorial webinar. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa data primer hasil analisis yang mengacu pada evaluasi pelaksanaan tutorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tutor dalam aspek merencanakan tutorial termasuk dalam kategori tinggi dengan persentasi sebesar 62.5% dan ratarata tanggapan respon sangat baik. Penilaian tutor terhadap pelaksanaan tutorial tergolong sedang dengan persentasi sebesar 62.5% dan rata-rata tanggapan respon baik. Penilaian dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja tutor tergolong tinggi dengan persentasi sebesar 97.6% dan rata-rata tanggapan respon sangat baik. Penilaian mahasiswa terhadap aspek pelaksanaan tutorial termasuk dalam kategori tinggi dengan persentasi sebesar 94% dan rata-rata tanggapan respon sangat baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0088.pdf
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kepuasan mahasiswa, kualitas tutor, tutorial webinar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 May 2023 09:36
Last Modified: 25 Sep 2023 04:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item