Ibandong, and Jamil, and Kadariah, (2022) Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Webinar Pada Program Studi S1 PG-PAUD dan S1 PGSD di UPBJJ-UT Makassar. Project Report. Universitas Terbuka, Makassar.
|
Text
Laporan Penelitian 2022 - Ibandong.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas tutorial webinar pada Program Studi S1 PG-PAUD dan S1 PGSD di UPBJJ-UT Makassar. Evaluasi pelaksanaan tutorial difokuskan pada pelaksanaan aktivitas meliputi kemampuan dan keterampilan tutor dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas tutorial, komitmen dan motivasi kerja yang mempengaruhi kinerja tutor, serta respon tutor dan mahasiwa. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh dan analisis statistik deskriptif. Pengukuran variabel dengan Skala Likert dengan menjabarkan variabel dalam bentuk deskriptif. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tutor dalam aspek merencanakan dan melaksanakan tutorial termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 93,3% dan 96,7% dengan rata-rata tanggapan respon sangat baik. Penilaian motivasi kerja, komitmen, dan kinerja tutor termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 80%, 93%, dan 87%. Terdapat pengaruh motivasi kerja dan komitmen yang secara bersama-sama terhadap kinerja tutor. Selain itu, respon tutor dan mahasiswa tergolong sangat baik.
Actions (login required)
View Item |