Analisis Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Tutorial Online Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar

Kadariah, and Sukarman, and Halim, Patmawati and Ibandong, (2022) Analisis Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Tutorial Online Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5 (2). pp. 62-67. ISSN 2614-2139

[img]
Preview
Text
Jurnal Penelitian 2022.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan pengaruh dan kontribusi Tutorial Online (Tunton) terhadap prestasi belajar mahasiswa Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar. Data dianalisis dengan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan mengkaji korelasi antara tutorial online dan prestasi belajar mahasiswa Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dilakukan tes, mengumpulkan data melalui kuesioner, dokumentasi dan observasi. Untuk kepentingan pengelolaan data dalam penelitian ini maka di gunakan analisis korelasional dan regresi linear sederhana, dengan populasi seluruh mahasiswa PGSD UPBJJ-UT yang berjumlah 136 orang orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih sampel sebanyak 30% dari 136 orang populasi yakni sebanyak 40 orang mahasiswa yang menjadi sampel mengikuti pembelajaran matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar. Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diperoleh nilai signifikansi 0,039<0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sedangkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh besarnya nilai korelasi sebesar 0,579 berada pada interval 0,40-0,599 yang berarti termasuk pada kategori sedang. Hal ini berarti bahwa tutotial online memiliki kontribusi kepada prestasi belajar mahasiswa sebesar 8,4 persen sedangkan sisanya sebesar 91,6 persen dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 23/G0090.pdf
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar mahasiswa; tutorial online
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2023 02:06
Last Modified: 25 Sep 2023 04:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item