Pelatihan Media Pembelajaran Online Bagi Guru SMP Kemala Bhayangkari Makassar

Rauf, Reski Febyanti and Ibandong, and R., Mantasiah and Rivai, Andi Alamsyah and Hasmawati, (2022) Pelatihan Media Pembelajaran Online Bagi Guru SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Dedikasi, 24 (2). pp. 152-158.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal Akreditasi SInta.pdf

Download (273kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/dedikasi

Abstract

SMP Kemala Bhayangkari Makassar, Kec. Panakukang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan satu dari ratusan ribu sekolah yang ada di Indonesia yang merasakan dampak dari disrupsi sistem pendidikan selama pandemi. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar guru adalah kurangnya informasi dan pengetahuan mereka mengenai penggunaan jenis media pembelajaran online lainnya, maka perlunya pelatihan media pembelajaran online dengan tujuan menambah pengetahuan tentang jenis-jenis media pembelajaran online dan penggunaannya dalam proses pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan partisipasi dengan bentuk meliputi identifikasi dan analisis masalah, sosialisasi, simulasi, pendampingan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi data hasil observasi, wawancara, kuisioner, pre-test post-test, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif analisis pendekatan kuantitatif dan analisis statistik meliputi pengujian normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain score. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan. Para guru terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan yang diindikasikan dengan adanya feedback yang diberikan. Kegiatan pelatihan yang dilakukan berdampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan para guru, sehingga disimpulkan bahwa pelatihan media pembelajaran online ini efektif dilakukan.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 23/B0085.pdf
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Daring, Efektivitas, Media Pembelajaran, Teknologi Digital
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2023 02:15
Last Modified: 26 Sep 2023 07:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item