Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Bahan Bakar Secara Elektronik (SIBABE) Di Provinsi Kepulauan Riau

Bustamam, Rosmiati (2021) Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Bahan Bakar Secara Elektronik (SIBABE) Di Provinsi Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40112-23 COVER.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana efektivitas SIBABE di Provinsi Kepulauan Riau, dengan menggunakan teori manajemen sistem informasi DeLane dan McLean. Guna mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan SIBABE secara efektif membantu proses pemungutan PBB-KB, meningkatkan efisiensi sehingga mempermudah pekerjaan manajemen, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menghemat biaya. Efektivitas penerapan SIBABE yang dinilai berdasarkan aspek (l) Kualitas Informasi pada SIBABE telah mendukung BP2RD dalam aspek kebutuhan data dan informasi dari Wajib Pungut; (2)Kualitas Sistem SIBABE telah didukung dengan hardware, software dan network yang sudah berjalan dengan baik meski sistem perlu di-update secara berkesinambungan; (3)Kualitas Layanan SIBABE dari indikator kecepatan respon dan setelah dari pengembang ditemui bahwa SIBABE sudah cukup responsif; (4) Intensi Pengguna dari SIBABE ditemui bahwa BP2RD dan W APU memanfaatkan SIBABE karena manfaat dari penerapan SIBABE telah sejalan dengan tujuan mengapa diwujudkan sistem informasi SIBABE. Hal ini tercermin dari intensitas penggunaan,kepuasan serta dampak dari SIBABE terhadap individu maupun BP2RD (5)Kepuasan Pengguna, basil penelitian yang dilakukan kepada Wajib Pungut menunjukkan bahwa layanan pada SIBABE sudah cukup memuaskan; (6) Manfaat Bersih dari SIBABE telah berkontribusi terhadap pelaporan yang lebih tepat waktu, akses tidak terbatas tempat dan waktu, memudahkan proses monitoring, penatausahaan pemungutan PBBKB serta terwujudnya transparansi sebagaimana tujuan SIBABE diterapkan. Sementara dampak dari efektivitas penerapan SIBABE tercermin dari peningkatan realisasi PBB-KB dalam 1 tahun pertama penerapan SI BABE, capaian target realisasi lebih 10,65% dari batas target pada 2020.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40112-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Local Own Revenue, Information Systems, Motor Vehicle Fuel Tax, Effectiveness, BP2RD Pendapatan Asli Daerah, Sistem Informasi, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Efektivitas, BP2RD
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:51
Last Modified: 08 Aug 2024 02:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item