Pengembangan Layanan Akses dan Informasi menggunakan software berbasis open source

Samsiyah, Siti and Aslichati, Lilik and Nurhayati, Ratna (2009) Pengembangan Layanan Akses dan Informasi menggunakan software berbasis open source. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
III.A.2_1; 2009_PL_1; Pengembangan Layanan Akses dan Informasi .._.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ICT (Information and Communication Technology) atau teknologi informasi dan komunikasi maju demikian pesat. Kemajuan teknologi ini mengefisienkan berbagai jenis pekerjaan.UT sebagai PTJJ telah memanfaatkan ICT dan mengembangkannya untuk berbagai keperluan akademik dan administrasi. Sebagai upaya memaksimalkan peran ICT di UT terutama untuk meningkatkan kualitas akses dan layanan infonnasi bagi mahasiswa UT serta membantu unit pendukung operasional dalam mengelola informasi perlu diidentifikasi software berbasis open source. Kelebihan software ini selain biaya relative murah juga memberikan peluang bagi pengembang untuk melakukan . modifikas i pada fitur-fitur tampilannya sesuai kebutuhan. Penelitian Pengembangan Layanan Akses dan Informasi Dengan Menggunakan Software Berbasis Open Source ini menggunakan metode eksploratif yang bertujuan mengeksplorasi software yang digunakan dalam pengelolaan informasi, menggambarkan kondisi fa ktual saat ini mengenai pemanfaatan ICT di UT sebagai upaya meningkatkan layanan akses informasi. Setelah dilakukan survey dengan menggunakan teknik wawancara, mengamati dan mengidentifikasi secara langsung sistem pengelolaan informasi yang digunakan diperoleh hasil bahwa unit-unit pendukung operasional di UT : Pelma, TU,BAAKRENSI, Pusj ian, BAAPM telah menggunakan sarana digital untuk pengelolaan informasi,namun diantara unit-unit tersebut tidak terintegrasi secara rnenyeluruh, sehingga pemonitoran kasus mahasiswa melalui kunjungan langsung ke UT maupun melalui e-mail, faks, telpon tidak dapat dipantau. Setelah dilakukan 5 (lima) kajian software kategori open source (1) aplikasi excel/, (2) access, (3) CDS/ISIS, (4) DAS, (5) OSS bentuk lain dapat diidentifikasi bahwa software OSS bentuk lain sesuai untuk pengelolaan informasi terintegrasi di UT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0086.pdf
Uncontrolled Keywords: Information and communication technology, layanan
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 005.5 General Purpose Application Programs (Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 651.8 Computer Application for Office Management (Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 May 2023 06:37
Last Modified: 25 Sep 2023 04:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10439

Actions (login required)

View Item View Item