Pengaruh Strategi Pembelajaran (Make A Match Vs Konvensional) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN Wilayah Binaan V Gugus X Kecamatan Koja Jakarta Utara

Uciatun, (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran (Make A Match Vs Konvensional) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN Wilayah Binaan V Gugus X Kecamatan Koja Jakarta Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Make A Match vs konvensional terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari minat belajar siswa Sekolah Dasar kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi Ex Post Facto, dengan rancangan desain faktorial 2x2 atau treatment by level. Penelitian ini dilakukan di dua Sekolah Dasar, dengan dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match sementara kelas kedua yang merupakan kelas kontrol diberi perlakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibanding dengan yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar rendah yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensionali. 4). Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Make A Match dengan strategi pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40139-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Make A Match learning strategy, Conventional, interest learning, social studies learning outcomes,, Strategi pembelajaran Make A Match , Konvensional, minat belajar, hasil belajar IPS.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 May 2023 04:20
Last Modified: 19 May 2023 04:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item View Item