Analisis Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Pengelolaan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik

Dewiki, Santi and Darmanto, and Wahyudi, Heri (2016) Analisis Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Pengelolaan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
2-artikel Analisis Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan admnistrasi akademik khususnya pada mahasiswa program studi Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik (MAP) di Universitas Terbuka. Ruang lingkup yang akan dibahas adalah jenis layanan yang paling dominan dalam memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa Prodi MAP yang meliputi layanan umum (admisi, unggah berkas seperti, ijazah terakhir, sertifikat bahasa Inggris atau mengisi soal-soal bahasa Inggris, tulisan ilmiah, foto 3 x 4, KTP, CV, porto polio), layanan registrasi (SPP dan tes masuk Bahasa Inggris dan tes substansi), layanan tutorial baik online maupun tatap muka di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) Penyelenggara S2, layanan bahan ajar, penyelenggaraan ujian akhir semester (UAS), bimbingan tugas akhir program magister (TAPM) residensial 1 dan 2 (BTR 1 dan 2), serta ujian sidang TAPM. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya meningkatkan mutu layanan administrasi akademik UT, khususnya pada Program MAP dan selain itu, juga untuk memberikan rekomendasi bagi para pengambil kebijakan dalam rangka upaya meningkatkan mutu layanan administrasi akademik UT, khususnya untuk Program MAP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan metode survei dengan sarana kuesioner dan pedoman wawancara terstruktur. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program MAP, tahun akademik 2015-2016 dari 29 UPBJJ UT Penyelenggara S2. Berhubung jumlah populasi tidak terlalu besar, maka yang yang diambil adalah seluruh populasi (sampel jenuh). Lokasi penelitian adalah di UPBJJ-UT Penyelenggara S2, dipilih berdasarkan wilayah Barat (UPBJJ-UT Batam), wilayah Tengah (UPBJJ-UT Pontianak), dan wilayah Timur (UPBJJ-UT Sorong). Pengolahan dan analisis data yakni kuesioner yang telah disebarkan akan dikumpulkan, kemudian, data diseleksi, kemudian dilakukan koding dan entry data. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Informasi akan ditampilkan dalam bentuk tabel, bagan, dan chart. Informasi yang akan ditampilkan adalah informasi tentang latar belakang mahasiswa, penilaian mahasiswa tentang kualitas layanan UT dan PS berupa kualitas layanan akademik dan non-akademik. Instrumen penelitian survey kepuasan mahasiswa ini berupa kuesioner yang dikembangkan oleh tim kepuasan mahasiswa tingkat universitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0083.pdf
Uncontrolled Keywords: Analisis Kepuasan, Layanan, Magister Ilmu Administras
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2023 02:58
Last Modified: 25 Sep 2023 04:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item