Pengetahuan Berbasis Pengalaman dengan Bantuan Teknologi Informatika

Paridjo, and Nurmawati, and Prayitno, Edi (2015) Pengetahuan Berbasis Pengalaman dengan Bantuan Teknologi Informatika. Cakrawala Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan, 9 (2). pp. 62-75. ISSN 1858-449

[img]
Preview
Text
4. Pengetahuan Berbasis Pengalaman dengan Bantuan Teknologi Informatika.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kerja kelompok berbantuan CD interakti terbukti menumbuhkan kemandirian kerja peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kemandirian peserta didik dalam melangkah, merasakan kesulitan dan kegagalan dalam mengkonstruksi konsep dan mengaplikasinnya memberikan pengalaman nyata selama proses pembelajaran. Proses konstruktif aktif suatu konsep dalam pembelajaran berbasis pengalaman memberikan endapan pengetahuan yang melekat kuat dalam ingatan jangka panjang peserta didik. kemandirian peserta didik dalam mengeksplorasi dan mengelaborasi konsep melalui kerja kelompok terbukti mengasah dan menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi matematika. Kemampuan matematika yang meliputi kemampuan menyimak, mengolah data, dan mengkomunikasikan baik lisan maupun tertulis dilatik secara intensif 2 x 45 menit. Selain kemandirian, pemanfaatan CD interaktif juga menumbuhkan keberanian dan fleksibilitas waktu dan tempat belajar. Keberanian peserta didik untuk mencoba memahami konsep dan mengaplikasikannya terlihat merata pada smeua kelompok kerja selama eksperimentasi pembelajaran berbantuan CD interaktif. Keberanian ini dikarenakan resiko mental yang ditanggung peserta didik manakala mengalami kegagalan jauh lebih ringan dibanding dalam pembelajarn biasa.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 23/B0057.pdf
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, kemandirian, pengalaman, komunikasi matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:06
Last Modified: 26 Sep 2023 02:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item