Studi Pemanfaatan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi Program Pendidikan Program Sarjanan (S1)

Belawati, Tian and Andriani, Durri and Puspitasari, Kristanti Ambar and Daryono, and Sigit, Argadatta (1997) Studi Pemanfaatan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi Program Pendidikan Program Sarjanan (S1). Project Report. Universitas Terbuka, Pondok cabe. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
22-G0007.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT ) telah melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan misi dan tugasnya sepe1ii ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0224/U/1995, yaitu " ... membantu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam melakukan pengawasan mutu dan efisiensi perguruan tinggi''. Misi ini menuntut suatu rangkaian kegiatan yang luas dan berat yang memerlukan pengerahan daya dan dana serta pengelolaan kegiatan yang efisien. Dalam rangka pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi, BAN-PT telah berhasil mengembangkan suatu borang akreditasi perguruan tinggi untuk setiap tingkat pendidikan, yaitu: D-1, D-11, D-111, D-IV, S-1, S-2, S-3, Pendidikan Spesialis (SP-I dan SP-II), se11a Pendidikan Profesional. Borang untuk program pendidikan S-1 telah selesai diuji coba, dikalibrasi, dikaji, direvisi, dan akan mulai digunakan. Tahap pertama pengakreditasian pendidikan tinggi program S-1 ini akan dilaksanakan pada tahun anggaran 1996/1997 dan telah berhasil mengakreditasi 1365 program studi (PS). Hasil pelaksanaan pengakreditasian 1365 PS S-1 dengan menggunakan borang yang telah dikembangkan tersebut berupa data karakteristik dan keadaan kinerja PS. Data tersebut digunakan dalam penilaian status posisi PS, baik dalam ha! kemampuan penyelenggaraan pendidikan maupun pengamalan Tridharrna Perguruan Tinggi secara umum. M.elihat luas dan komprehensifuya data yang telah dijaring oleh borang, perlu dikembangkan suatu sistem pengolahan, pengorganisasian, dan presentasi data dalam format siap pakai yang multiguna

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 22/G0007.pdf
Uncontrolled Keywords: Perguruan tinggi, borang,akreditasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:44
Last Modified: 13 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item View Item