Aljabar-C dan Penerapannya dalam Mekanika Kuantum: Teorema Spektral untuk Operator Self-Adjoint Tak Terbatas

Herlinawati, Elin and Hidayat, Wahyu and Siregar, Hasoloan and Tarigan, Asmara Iriani and Santosa, Kenny Adrianus (2023) Aljabar-C dan Penerapannya dalam Mekanika Kuantum: Teorema Spektral untuk Operator Self-Adjoint Tak Terbatas. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 1-25. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
1 ALJABAR-C.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Pada era teknologi yang semakin berkembang, inovasi teknologi dilakukan untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yang mengarah kepada kehidupan berkelanjutan. Kehidupan berkelanjutan menekankan pentingnya penggunaan sumber daya alam yang bijaksana, perlindungan lingkungan, pengurangan limbah dan polusi, penggunaan energi terbarukan, dan kesadaran terhadap dampak sosial dan ekonomi, serta tindakan individu dan masyarakat secara keseluruhan untuk mencapai tujuan SDGs. Dalam hal ini, Matematika digunakan untuk membangun model matematis yang mendukung analisis dan perencanaan terkait tujuan SDGs termasuk dalam bidang kriptografi dan komputer kuantum yang erat kaitannya dengan mekanika kuantum. Konsep matematika, khususnya aljabar-C*, dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis dan memodelkan sistem kuantum dan fenomena yang terkait dalam mekanika kuantum. Aljabar-C* merupakan hasil dari kajian lanjutan terhadap konsep aljabar operator dan analisis fungsional. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji aljabar-C* serta penerapannya dalam mekanika kuantum, khususnya terkait teorema spektral untuk operator-operator self-adjoint tak terbatas di ruang Hilbert. Pada artikel ini, dibahas terlebih dahulu beberapa teori dasar aljabar-C* termasuk operator linear, operator adjoint, operator uniter, dan sifat-sifat dasar lainnya yang terkait dengan teori mekanika kuantum. Selanjutnya, pembahasan aljabar-C* dikerucutkan pada operator self-adjoint tak terbatas di ruang Hilbert dengan memanfaatkan transfromasi Cayley sehingga diperoleh teorema spektral untuk operator tak terbatas dari operator terbatas. Selain itu, dijelaskan pula penerapan Aljabar-C* dalam mekanika kuantum.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0032.pdf
Uncontrolled Keywords: aljabar-C*, mekanika kuantum, operator self-adjoint, teorema spektral.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 530-539 Physics (Fisika) > 530.12 Quantum Mechanics, Quantum Theory (Mekanika Kuantum, Teori Kuantum)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:30
Last Modified: 24 Nov 2023 06:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10555

Actions (login required)

View Item View Item