Optimasi Sistem Keamanan Transfer Data dengan Mengaplikasikan Konsep Terhubung Pelangi pada Graf

Farihati, Sitta Alief and N., M. Salman A. and Bustan, Ariestha Widyastuty (2023) Optimasi Sistem Keamanan Transfer Data dengan Mengaplikasikan Konsep Terhubung Pelangi pada Graf. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 51-96. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
3 OPTIMASI SISTEM KEAMANAN TRANSFER DATA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada era digital saat ini, inovasi teknologi berkembang semakin pesat. Hal ini seiring dengan tujuan manusia untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu komponen pendukung berbasis teknologi yang diperlukan dalam pencapaian SDGs tersebut adalah sistem komunikasi publik secara digital, yang selanjutnya disebut sistem komunikasi digital. Dalam hal ini, sistem transfer data merupakan salah satu bentuk sistem komunikasi digital yang sering digunakan oleh masyarakat. Dapat dilihat dengan jelas, cakupan sistem komunikasi digital sangat luas, masif, dan terbuka. Oleh karena itu, keamanan pada sistem transfer data merupakan hal yang sangat penting dalam sistem komunikasi digital saat ini. Untuk menjaga keamanan data yang ditransfer, pengirim data akan menggunakan sandi (password) pada data tersebut. Namun untuk mengantisipasi bocornya sandi tersebut, maka pengirim data perlu memasang sandi secara berlapis. Banyaknya lapisan sandi pada data tersebut dapat ditentukan dengan konsep terhubung pelangi pada graf. Konsep ini dikembangkan oleh Chartrand dkk. pada tahun 2008 untuk mengatasi kelemahan dalam pengamanan pengiriman informasi antar agen rahasia Amerika Serikat. Artikel ini merupakan hasil studi literatur. Untuk memudahkan pemahaman, pembahasan dalam artikel ini dimulai dengan pemaparan tentang terminologi graf dan konsep terhubung pelangi pada graf. Selanjutnya, dalam artikel dibahas tentang bilangan terhubung pelangi dari beberapa kelas graf dan hasil operasi graf yang merepresentasikan kompleksitas sistem jaringan komunikasi.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0030.pdf
Uncontrolled Keywords: graf, sistem keamanan, terhubung pelangi, transfer data.
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 005.8 Computer Security, Data Security (Keamanan Komputer, Keamanan Data)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:56
Last Modified: 24 Nov 2023 06:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item View Item