Pembelajaran Daring untuk Game Developer

Pannen, Paulina and Rudawan, Rikman Aherliwan and Wihendro, and Mujiyanto, and Stefany, Stella (2023) Pembelajaran Daring untuk Game Developer. Project Report. Universitas Terbuka, Pondok cabe, Tangerang selatan.

[img]
Preview
Text
laporan Penelitian Kolaborasi Keilmuan PMGD 2023 pp.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan ekonomi kreatif adalah mengeluarkan kebijakan tentang pengembangan industry game. ICE Institute bersama dengan 10 PT di Indonesia berpartisipasi mendukung pengembangan industry game ini dalam hal penyediaan talen game nasional melalui Program Mikrokredensial Game Developer (PMGD). PMGD diselenggarakan secara blended daring dengan beban studi 20 sks, terdiri dari 27 mata kuliah untuk 5 peminatan dan capstone project. Sampai saat ini, ada 849 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam PMGD dan melibatkan lebih dari 80 dosen/mentor di 10 PT. Penyelenggaraan PMGD secara blended daring merupakan keunikan tersendiri, karena pada umumnya pendidikan/pelatihan game developer dilakukan secara tatap muka dan memanfaatkan laboratorium media game. Penelitian dan pengembangan PMGD dilaksanakan dengan tujuan untuk mengupas secara komprehensif proses pembelajaran PMGD yang diselenggarakan secara blended daring serta mengidentifikasi factor-factor penghambat ataupun pendukung proses pembelajaran PMGD, a.l., rancangan pembelajaran, pemanfaatan multimedia, kesiapan mahasiswa untuk belajar daring, perbedaan mahasiswa, perilaku belajar mahasiswa, dinamika kelompok, pemanfaatan digital story telling dalam capstone project dan hasil belajar mahasiswa. Informasi yang diperoleh dari penelitian kemudian digunakan untuk melakukan revisi mata kuliah daring PMGD, secara iterative, sehingga diperoleh PMGD daring yang berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0002.pdf
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, game developer
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:33
Last Modified: 31 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item