Dampak Penggunaan Program Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Daya Ingat Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika

Krisnadi, Elang and Puryati, and Dhini, Bachriah Fatwa (2023) Dampak Penggunaan Program Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Daya Ingat Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian-Final-2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tergolong ke dalam Research and Development (R&D) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan program multimedia interaktif (PMI) yang dihasilkan terhadap kemampuan daya ingat mahasiswa setelah mempelajari materi yang tersaji di dalamnya. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan tersebut, peneliti akan menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pre-post- re test design. Sampel diperoleh sebanyak 38 orang mahasiswa dari program S1 Pendidikan Matematika FKIP-UT pada UPBJJ-UT Jakarta, UPBJJ-UT Malang, dan UPBJJ-UT Yogyakarta. Data dijaring dengan menggunakan Program PMI dan butir soal objektif berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data memperlihatkan adanya dampak terhadap kemampuan daya ingat (retensi) mahasiswa pada materi Alat Peraga Tulang Napier (APTN) yang ada di dalam Matakuliah Workshop Matematika (PEMA4104). Untuk melihat adanya pengaruh PMI terhadap kemampuan daya ingat, maka dilakukan pelaksanaan retes 1 seminggu setelah postes. Dari hasil retes diperoleh nilai melebihi 100%, yakni 104,14%. Dalam skala yang digunakan peneliti, hasil tersebut termasuk ke dalam kategori sangat baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0010.pdf
Uncontrolled Keywords: PMI, Daya Ingat, Tulang Napier
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:24
Last Modified: 12 Feb 2024 10:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item