Model Praktikum Mata kuliah Pada Program Studi (PS) Ilmu Pemerintahan FHISIP Universitas Terbuka

Karyana, Ayi and Fadiyah, Dina and Hakim, Nong Ayu Triyanti Utami and Nugroho, Sapto Setyo and Andini, Laras Ayu and Pasaribu, Daniel (2023) Model Praktikum Mata kuliah Pada Program Studi (PS) Ilmu Pemerintahan FHISIP Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Model Praktikum Mata kuliah PS Ilmu Pemerintahan 2023_30112023 OKE.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penelitian “Model Praktikum Mata kuliah Pada Program Studi (PS) Ilmu Pemerintahan FHISIP Universitas Terbuka.” didasarkan pada kurikulum baru (kurba) berbasis OutcomeBased Education (OBE) dengan tujuan, profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL), yang di dalam kurikulumnya terdapat mata kuliah yang bermuatan praktikum sebanyak 34 mata kuliah (40 sks), sehingga diperlukan adanya kajian model praktikum mata kuliah yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) yang berbasis outcomes. Outcomes adalah pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skill) yang harus dapat diukur (concretely measurable). Penelitian ini di fokuskan pada mata kuliah dengan tujuan untuk mengetahui model praktikum mata kuliah yang tepat dan dapat di laksanakan dalam sistem PTTJJ, sehingga dengan mendapatkan model praktikum yang dapat diterapkan pada program Studi Sarjana Ilmu Pemerintahan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FHISIP UT). Penelitian ini menggunakan teori dari Cooper et al., (2010) mengenai Model Pembelajaran Kerja Terintegrasi yaitu Tujuan, Konteks, Integrasi, Kurikulum, Learning, Kemitraan, Dukungan. Dari 7 (tujuh) dimensi yang menyelaraskan dengan komponen praktikum. Keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran kerja terpadu perlu mencakup semua tujuh dimensi. Penting untuk dicatat bahwa tujuh dimensi tidak dianggap hirarkis atau saling eksklusif, dengan menggunakan teori tersebut dapat menentukan model praktikum yang tepat untuk praktikum mata kuliah di PS Ilmu Pemerintahan FHISIP Universitas Terbuka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini bertujuan untuk memahami berbagai aspek yang ada dalam matakuliah berpraktikum Alasan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif karena metode ini dapat digunakan untuk menemukan dan menentukan jenis model praktikum mata kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model praktikum mata kuliah yang dikembangkan adalah pilihan dari berbagai kegiatan unggulan dalam bidang pemerintahan yang secara general dapat dilaksanakan oleh mahasiswa dimanapun berada yang pelaksanaannya dapat dipraktikkan di tempat kerja atau lokasi mahasiswa dimanapun berdomisili, dan kriteria untuk tutor/instruktur harus memiliki kualifikasi keilmuan yang sesuai dan memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan. Untuk proses pelaksanaan praktikum mata kuliah Program Studi Ilmu Pemerintahan, mahasiswa melakukan observasi partisipan ke instansi pemerintah atau perusahaan, dengan alat evaluasi berupa laporan praktik kerja yang dilegalisasi oleh Universitas Terbuka Daerah (UT Daerah), pimpinan langsung atau pimpinan dari instansi pemerintah atau perusahaan tempat mahasiswa melakukan praktik mata kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0013.pdf
Uncontrolled Keywords: desain kurikulum, mata kuliah praktikum, model praktikum mata kuliah
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 320 Political dan Government Science (Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:02
Last Modified: 15 Feb 2024 07:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item