Pengembangan Karakter Melalui Penggunaan Augmented Reality Dan Big Book Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Chandrawati, Titi and Tatminingsih, Sri and Yusrafiddin, and Sudarso, Yos and Saputra, Heri (2023) Pengembangan Karakter Melalui Penggunaan Augmented Reality Dan Big Book Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
laporan penelitian bigbook dg TTD.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi penyelenggaraan PAUD di Indonesia masih menggunakan media pembelajaran yang terbatas dan ada yang belum menggunakan teknologi. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan Pendidikan karakter anak usia dini menggunakan media Augmented Reality (AR) dan big book. Penelitian ini akan menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan (R & D) selama 2 (dua) tahun. Produk dari 2 tahun penelitian diharapkan adalah 1 augmented reality (AR) dan 8 big book. Di tahun pertama, penelitian ini telah dihasilkan prototype augmented reality (AR) dan 4 rancangan big book. Di tahun kedua, penelitian ini direncanakan akan mengembangkan produk dan validasi untuk menghasilkan 1 augmented realityyang telah final dan 8 judul big book yang valid ( 4 big book di tahun 1 dan 4 big book juga ditahun 2). Dari dua tahun penelitian akan dihasilkan HKI 1 augmented reality dan 8 judul big book.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dari Borg and Gall (1983) yaitu sebuah metode yang betujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi model yang dilakukan dalam beberapa tahapan dimulai dari dirumuskannya model, pengetesan model (uji coba), dan direvisi sesuai hasil tes lapangan. Secara rinci langkah-langkah pelaksanaan penelitian pengembangan model ini dilakukan dalam 10 tahap yaitu (1) Identify Instruction Goal(s), (2) Conduct Instructional analysis, (3Analyze learner and context, (4Write Performance objectives, (5) Develop assessment instruments, (6) Develop instructional strategy, (7) Develop and select instructional materials, (8) Design and conduct formative evaluation of instruction, (9) Revices Instruction and, (10) Design and conduct summative evaluation. Kesepuluh tahapan tersebut secara umum dibagi menjadi 2 tahun penyelenggaraan, yaitu Tahun pertama tahap satu hingga tujuh, Tahun kedua tahap delapan, sembilan dan tahap sepuluh. Proposal ini akan dimulai dengan melaksanakan tahapan tahun pertama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0018.pdf
Uncontrolled Keywords: big book, augmented reality, pendidikan karakter
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 006.3 Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 649.7 Moral and Character Training (Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:41
Last Modified: 16 Feb 2024 03:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item