Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA Dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah

Hartati, Rahma Dewi and Brillianing Pratiwi, (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA Dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN RAHMA_BRILLIANING.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran karya tulis ilmiah di kelas, menganalisis faktor-faktor kesulitan siswa mengembangkan karya tulis ilmiah dan mendeskripsikan kesulitan pembelajaran karya tulis ilmiah siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 4 Cibinong Tahun Pelajaran 2022/2023 yang sedang mempelajari materi Karya Tulis Ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus dan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah faktor internal siswa kesulitan belajar karya tulis ilmiah (KTI) yaitu (1) memahami materi penulisan KTI seperti menemukan ide penulisan atau penelitan, mengembangkan sistematika penulisan KTI seperti membuat latar belakang, menentukan kajian teori dan menyusun pembahasan, (2) siswa terlalu terpaku dengan penulisan instan dengan salin tempel dengan contoh KTI dengan referensi di laman internet. Faktor eksternal yang mempengaruhi siswa mengalami kesulitan belajar dalam pembuatan karya tulis ilmiah, yaitu: (1) Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih terfokus kepada diskusi kelompok, (2) media yang digunakan masih kurang variatif untuk membangun pemahaman pembelajaran KTI, (3) kurangnya waktu pembelajaran menulis KTI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0030.pdf
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Ilmiah, Kesulitan Belajar, Kualitatif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2024 09:36
Last Modified: 20 Feb 2024 02:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item