Pengembangan Prototipe Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) (Tahun 1 - 2023)

Sekarwinahyu, Mestika and Widiasih, and Marisa, and Supratmi, Nunung and Purwantiningsih, Ary and Saputra, Alpin Herman and Wisnantiasri, Sila Ninin (2023) Pengembangan Prototipe Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) (Tahun 1 - 2023). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Pengembangan Protitipe PJJ Berbasis PBL_1 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jarak jauh menjadi alternatif yang realistis bagi banyak orang untuk memajukan karier akademis mereka (Belanger & Jordan, 2000). Pendekatan untuk memastikan hal tersebut adalah dengan merancang pengalaman pendidikan yang bermanfaat dari prinsip- prinsip pendidikan yang dianggap menghasilkan pembelajaran yang efektif. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu metodologi pembelajaran yang muncul dari praktik di lingkungan berbasis ruang kelas tradisional sebagai pendekatan yang berhasil memperkuat pembelajaran. Oleh karena itu, merancang pengalaman belajar jarak jauh dengan PBL dapat menjadi salah satu alternatif dimana institusi menyediakan pendidikan jarak jauh yang sama berkualitas untuk populasi peserta didik mereka (Ortiz, 2004). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe pembelajaran jarak jauh berbasis model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakna model 4 D (Define, Design, Development, Dissemmination) dari Thiagarajan dkk. Penelitian ini direncanakan dilakukan selama 2 tahun. Pada tahun pertama telah dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan studi literatur terkait PBL dalam Pembelajaran Jarak Jauh dan membuat rancangan program PJJ berbasis PBL. Rancangan program PJJ berbasis PBL yang dihasilkan adalah sebanyak 8 buah rancangan program tutorial online berbasis PBL yang sudah divalidasi oleh pakar dan siap untuk dikembangkan program tutorial onlinenya pada tahun ke-2.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0035.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh; Problem Based Learning; Pengembangan Prototipe
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2024 01:27
Last Modified: 22 Feb 2024 05:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item