Peningkatan higher order thinking skills dengan pembelajaran berbasis masalah

Ervina, (2022) Peningkatan higher order thinking skills dengan pembelajaran berbasis masalah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40023-23-abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40023-23-cover.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Higher Order Thinking Skills atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan tuntutan dari kurikulum saat ini. Akan tetapi, fakta di SMPN 2 Kapuas Tengah Satu Atap menunjukkan bahwa siswa-siswa di sekolah tersebut belum memiliki kemampuan tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan pcngaruh pcmbelajaran berbasis masalah tcrhadap HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ekperimental semu. Populasinya adalah siswa-siswa SMP Negeri di Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas. Sampelnya adalah kelas VII A dan VIII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B dan VIII B sebagai kelas kontrol. Intrumennya adalah pre-tes dan pos-tes yang memuat soal HOTS. Data dianalisis menggunakan N-gain dan analisis kovariat. Kesimpulannya menunjukkan peningkatan HOTS siswa dari nilai pre-tes ke pos-tes yang diukur menggunakan N-gain pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Lebih lanjut, pembelajaran berbasis masa!ah berpengaruh terhadap HOTS yang ditunjukkan dengan HOTS siswa (nilai post-tes) di kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih dari siswa di kelas dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40023.pdf
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: HOTS, problem-based learning, conventional learning, Bloom'staxonomy, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional,taksonomi Bloom.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:39
Last Modified: 19 Mar 2024 02:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item View Item