Pengaruh Evaluasi Program Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SDN Di Tanjung Kemuning­Kabupaten Kaur

Gusmiati, Nurul (2018) Pengaruh Evaluasi Program Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SDN Di Tanjung Kemuning­Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43518.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan evaluasi program pembelajaran dengan kecerdasan emosional guru SDN di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur saat faktor demografi dikontrol. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh evaluasi program pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SDN di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif dimana kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Oalam penelitian ini, guru SDN di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur yang berjumlah 99 orang dijadikan sampel. Penelitian dianalisis dengan menggunakan partial corelation dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi program pembelajaran tidak berhubungan dengan kecerdasan emosional saat faktor demografi dikontrol. Hal ini dikarenakan evaluasi program pembelajaran guru SDN di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur berada pada lingkup aktivitas fisik sedangkan kecerdasan emosional merupakan faktor psikologis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SON di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya tingkat evaluasi program pembelajaran akan mempengaruhi kinerja guru SON di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Sementara, semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki guru SDN di Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur maka kinerjanya akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43518.pdf
Uncontrolled Keywords: learning program evaluation, emotional quotient, performance, teachers,, primary schools, Evaluasi program pembelajaran, Kecerdasan emosional dan Kinerja.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 May 2024 06:49
Last Modified: 15 May 2024 06:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item