Miskonsepsi Guru dalam Memaknai dan Memberikan Pemahaman Terhadap Konsep Pembagian dan Implikasinya dalam Soal Berbentuk Cerita di Sekolah Dasar

Krisnadi, Elang and Kandaga, Thesa and Puryati, (2024) Miskonsepsi Guru dalam Memaknai dan Memberikan Pemahaman Terhadap Konsep Pembagian dan Implikasinya dalam Soal Berbentuk Cerita di Sekolah Dasar. Project Report. Universitas Terbuka. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian - Elang - Repository.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian - Elang - Repository.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pemahaman guru dalam memaknai konsep pembagian ketika melakukan proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif (descriptif research), karena dibuat untuk mendeskripsikan beberapa kumpulan data yang menjadi objek penelitian. Subjek penelitian adalah para guru yang berada di wilayah UPBJJ -UT Jakarta, UPBJJ – UT Bandung, UPBJJ -UT Yogyakarta, dan UPBJJ – UT Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu melalui penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua guru mengenal dan memahami konsep pembagian sebagai pengurangan berulang. Namun demikian,ditemukan fakta sebagai berikut: Sebagian besar guru (97 dari 98) masih bermasalah dalam menafsirkan makna pembagian. Mereka memaknai konsep pembagian diartikan sebagai membelah dengan sama rata. Dalam menanamkan dan memberikan pemahaman terhadap konsep pembagian,semua guru sudah memulainya dari suatu kasus dan dijelaskan dengan , namun ilustrasi yang disampaikan tidak mengacu kepada definisi pembagian sebagai pengurangan berulang. 97 guru tersebut juga bermasalah dalam menafsirkan model matematis dari suatu soal cerita yang terkait dengan konsep pembagian. Semua soal cerita yang tersaji sebagai model a : . . . = b oleh guru dalam penafsirannya selalu dimodelkan sebagai a : b = . .

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0043.pdf
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Makna, Pemahaman, Model Matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:23
Last Modified: 05 Dec 2024 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item