Krisnadi, Elang and Kandaga, Thesa and Puryati, (2024) Miskonsepsi Guru dalam Memaknai dan Memberikan Pemahaman Terhadap Konsep Pembagian dan Implikasinya dalam Soal Berbentuk Cerita di Sekolah Dasar. Project Report. Universitas Terbuka. (Submitted)
|
Text
Laporan Penelitian - Elang - Repository.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Laporan Penelitian - Elang - Repository.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pemahaman guru dalam memaknai konsep pembagian ketika melakukan proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif (descriptif research), karena dibuat untuk mendeskripsikan beberapa kumpulan data yang menjadi objek penelitian. Subjek penelitian adalah para guru yang berada di wilayah UPBJJ -UT Jakarta, UPBJJ – UT Bandung, UPBJJ -UT Yogyakarta, dan UPBJJ – UT Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu melalui penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua guru mengenal dan memahami konsep pembagian sebagai pengurangan berulang. Namun demikian,ditemukan fakta sebagai berikut: Sebagian besar guru (97 dari 98) masih bermasalah dalam menafsirkan makna pembagian. Mereka memaknai konsep pembagian diartikan sebagai membelah dengan sama rata. Dalam menanamkan dan memberikan pemahaman terhadap konsep pembagian,semua guru sudah memulainya dari suatu kasus dan dijelaskan dengan , namun ilustrasi yang disampaikan tidak mengacu kepada definisi pembagian sebagai pengurangan berulang. 97 guru tersebut juga bermasalah dalam menafsirkan model matematis dari suatu soal cerita yang terkait dengan konsep pembagian. Semua soal cerita yang tersaji sebagai model a : . . . = b oleh guru dalam penafsirannya selalu dimodelkan sebagai a : b = . .
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 24/G0043.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Makna, Pemahaman, Model Matematis |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:23 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:31 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10693 |
Actions (login required)
View Item |