Safriansyah, and Asiah, Nur and Mokoagow, Yolanda Oktavia (2024) Pendekatan Balanced Scorecard (BSC) Dalam Pengembangan Model Evaluasi Pelaksanaan Latsar CPNS Blended Learning Periode 2023 Di Provinsi Gorontalo. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang selatan. (Unpublished)
|
Text
Penelitian 2024_Laporan Akhir_Repositori UT Safri.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) harus sesuai dengan kaidah kediklatan. Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dan bertanggungjawab dalam manajemen aparatur pemerintahan, terus berupaya meningkatkan kapasitas, kompetensi dan etos kerja ASN melalui manajemen kediklatan yang efektif dan efisien. Selama ini, evaluasi pelaksanaan pelatihan dasar (Latsar) blended learning menggunakan google form yang terkait dengan pelaksanaan proses kediklatan itu sendiri dan sistem pengajaran (penilaan terhadap fasilitator atau widyaiswara). Proses evaluasi ini pun sifatnya formalitas saja, karena hasil evaluasi belum sepenuhnya dijadikan rujukan dalam pelaksanaan kediklatan, khususnya Latsar CPNS. Sehingga target dan capaian belum dapat diukur kualitas dan efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model BSC pada evaluasi pelaksanaan Latsar CPNS blendeed learning pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian mix methode research dengan menggabungkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 peserta Lastar dan Lembaga Diklat pengirim dari Kabupaten/Kota di provinsi Gorontalo tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan BSC pada pelaksanaan latsar CPNS blended learning di Provinsi Gorontalo sangat efektif karena dapat mengevaluasi secara keseluruhan pelaksanaannya. Pengembangan model evaluasi program kediklatan yang berbasis BSC menghasilkan sebuah kerangka kerja evaluasi yang lebih akuntabel dan relevan dengan semua kebutuhan kediklatan. Pendekatan ini tidak hanya pada aspek keberhasilan pembelajaran saja, tetapi mencakup semua aspek yang mendukung terlaksananya kediklatan, yaitu kepuasan peserta, proses bisnis internal, pengembangan kompetensi pengajar dan SDM penyelenggara, serta peran pemangku kepentingan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | |
Uncontrolled Keywords: | balanced scorecard (BSC), blended learning, pelatihan dasar (Latsar) |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:50 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:50 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |