Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya

Sunaryo, Yoni (2013) Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41605.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung, mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah dan mengetahui assosiasi antara sikap siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa setelah model pembelajaran berbasis masalah diberikan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Peneliti memilih sekolah level sedang sebagai tempat penelitian yaitu SMA N 3 Tasikmalaya. Peneliti mengambil 4 kelas untuk dijadikan sampel penelitian yaitu kelas XI,X2,X3 dan X4. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa diperoleh dari skor pretes dan postes, sikap siswa diperoleh dari rerata skor sikap siswa dan assosiasi antara sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa diperoleh dari frekuensi siswa pada masing-masing kelompok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa serta angket skala sikap yang digunakan untuk mengetahui sikap siswa terhadap Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa yang pada pembelajarannya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa yang pada pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung. Sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan sikap positif. Assosiasi antara sikap siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa menunjukkan assosiasi yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41605.pdf
Uncontrolled Keywords: problem-based learning model, ability of mathematical critical thinking, the ability of mathematical creative thinking, students' attitude, association, model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis matematik, kemampuan berpikir kreatif matematik, sikap siswa, assosiasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:45
Last Modified: 08 Aug 2016 04:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item