Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Augmented Reality untuk Pengembangan Game Plot Virtual pada Analisis Vegetasi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan (BIOL4411)

Gerungan, Raflen Aril and Hewindati, Tri Yuni and Prasetyo, Budi and Tawakkal, Iqbal and Akbar, Muhammad Muzahid (2024) Augmented Reality untuk Pengembangan Game Plot Virtual pada Analisis Vegetasi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan (BIOL4411). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan R&D - PlotVirtual Anveg 2024.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Transformasi pada bidang pendidikan telah melahirkan berbagai teknologi yang dapat membantu aktivitas pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi di Universitas Terbuka diterapkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Analisis vegetasi merupakan topik pada mata kuliah ekologi tumbuhan pada pembelajaran biologi. Dalam proses pembelajaran topik tersebut dipelajari oleh mahasiswa dengan bantuan bahan ajar dan/atau media ajar lainya berupa video dan power point yang berisi gambar dan penjelasan. Media pembelajaran tersebut masih jauh dari kesempurnaan untuk dapat membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa seutuhnya sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran. Media ajar berbasis game dengan memiliki unsur augmented reality merupakan teknologi perangkat lunak yang kompatibel dalam mendukung pembelajaran jarak jauh saat ini, selain itu melalui teknologi tersebut dapat membantu mahasiswa memahami konsep dan memberikan pengalaman nyata bersifat virtual bagaimana proses analisis vegetasi dijalankan. Penggunaan game dengan adanya augmented reality pada topik analisis vegetasi diharapkan dapat menambah keragaman metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini melakukan pengembangan aplikasi game plot virtual analisis vegetasi mata kuliah ekologi tumbuhan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dimana tahapan metode tersebut diawali dengan perencanaan berupa analisis kebutuhan game. Kemudian perancangan terdiri dari penulisan naskah dan desain game. Selanjutnya pembuatan program berupa prototipe game, pengujian internal,perbaikan. Setelah game selesai, dilakukan uji ahli. Game diperbaiki berdasarkan masukan dari ahli dan diuji coba pada mahasiswa Biologi. Luaran dalam penelitian ini, tahun pertama sudah tercapai: 1) Naskah pengembangan, 2) user interface dan user experience produk, 3) Hak Cipta berjumlah dua HKI. Luaran penelitian pada tahun kedua (lanjutan) ditargetkan: 1) minimum viable product (MVP) dan/atau produk akhir, 2) draft artikel yang akan disubmit pada jurnal Nasional minimal ber-ISSN, 3) satu HKI produk akhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Game, Analisis Vegetasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
700 The Art, Fine and Sport > 790-799 Recreational and Performing Arts (Olah Raga dan Seni Pertunjukan) > 794.8 Electronic Game (Permainan Elektronik)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:27
Last Modified: 17 Feb 2025 03:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item View Item