Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Penerapan Process Mining Untuk Mengidentifikasi Keterampilan Online Self-Regulated Learning

Riyanti, Rahayu Dwi and Santoso, Harry B. and PrastatI, Trini and Cenka, Baginda Anggun Nan and Susanty, Arie and Triatmoko, F. Penerapan Process Mining Untuk Mengidentifikasi Keterampilan Online Self-Regulated Learning. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR PENELT 2024_-1.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Pengaruh dan relevansi self-regulated learning dalam pembelajaran dan pemecahan masalah telah banyak dibuktikan (Panadero, 2017). Self-regulated learning merupakan kemampuan individu untuk memantau proses belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan ini berkontribusi pada keberhasilan akademis siswa (Pardo et al., 2016; Zimmerman, 1990). Salah satu tantangan utama adalah memastikan bahwa mahasiswa dapat memanfaatkan fleksibilitas OSRL secara optimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengatasi tantangan ini, data mining menjadi penting untuk menganalisis dan menginterpretasikan data OSRL Memanfaatkan Process Mining memungkinkan pendidik memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang aktivitas siswa dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS). Penelitian ini menerapkan Process Mining untuk mengidentifikasi kesiapan mahasiswa dalam belajar mandiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, Process Mining, online learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:13
Last Modified: 18 Feb 2025 01:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

View Item View Item